WELCOME !!! Sesuai dengan namanya BloSerGun (Blog Serba Guna)Semoga Info blog ini berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Amin


JARINGAN KOMPUTER
Dewasa ini, konsep sistem pemrosesan terpusat dimana terdapat sebuah pusat komputer berupa sebuah ruangan yang berisi komputer dengan ukuran besar tempat pengguna mengolah pekerjaannya, merupakan model yang sudah ketinggalan jaman. Model komputer tunggal yang melayani seluruh proses komputasi suatu instansi telah diganti oleh sekumpulan komputer dengan jumlah banyak dan terpisah-pisah namun saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Sistem seperti ini disebut jaringan komputer (computer network).
Jaringan komputer adalah kumpulan dari dua atau lebih komputer yang bersifat mandiri (autonomous) yang saling terhubung dan dapat saling bertukar informasi atau berkomunikasi. Bentuk koneksinya tidak harus melalui kabel tembaga saja, tapi juga bisa melalui serat optik, gelombang mikro, satelit komunikasi, dan sinar infra merah juga dapat digunakan.
Beberapa manfaat dari jaringan komputer adalah:
A.     Manfaat jaringan komputer di bidang pendidikan banyak sekali diantaranya :
1.   Sebagai alat presentasi – dengan bantuan sebuah proyektor kini komputer jinjing dapat digunakan sebagai alat untuk mempresentasikan sebuah ide ataupun gagasan, biasanya banyak digunakan dalam rapat pembangunan dan juga mahasiswa yang mempresentasikan hasil penelitian mereka.
2.   Sebagai pengganti mesin ketik – Sekitar tahun delapan puluhan sampai dengan tahun sembilan puluhan mesin ketik masih menjadi andalan dalam menulis laporan ataupun menulis buku , namun disekitar akhir tahun sembilan puluhan kini posisinya digantikan dengan komputer yang dikenal lebih simple dan lebih efektif untuk mengerjakan tugas harian bagi para pelajar.
3.   Sebagai alat hitung – Di dalam komputer tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka angka , banyak sekali angkuntan yang menggunakan ms . excel dalam menghitung baik jumlah , rata rata dan juga pembagian.
B.     Jaringan komputer untuk perusahaan, merupakan jaringan yang digunakan untuk kepentingan komersial dan perusahaan. Jika sebuah perusahaan memiliki cabang di beberapa lokasi yang saling berjauhan, maka diperlukan sistem interkoneksi yang dapat menghubungkan sistem yang saling terkait pada setiap cabang perusahaan tersebut.

1.       Video conference, yaitu aplikasi yang memungkinkan kita dapat berkomunikasi suara dan video secara real-time dengan pengguna komputer yang lain. Pada aplikasi ini diperlukan sebuah monitor dan speaker untuk menyajikan informasi orang lain. Selain itu juga dibutuhkan sebuah video capture dan mikrofon untuk mengambil input dari diri kita.

2.       Workgroup computing, yaitu aplikasi yang digunakan oleh banyak orang untuk kebutuhan tertentu. Biasanya dalam memproses data di komputer diperlukan banyak orang yang mengerjakan menggunakan komputer masing-masing. Oleh karena itu diperlukan aplikasi yang dapat digunakan secara bersama-sama.

3.       Virtual office, yaitu aplikasi yang merepresentasikan sebuah kantor ke sebuah komputer. Virtual office harus dapat terhubung ke kantor yang sesungguhnya. Dengan aplikasi ini, seorang karyawan dapat melakukan pekerjaannya di rumah tanpa harus ke kantor. Dan bahkan aplikasi ini memungkinkan seseorang dapat bekerja di mana saja.

4.      Resource sharing bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai. jadi source sharing adalah suatu usaha untuk menghilangkan kendala jarak

C.     Jaringan  komputer untuk Masyarakat, merupakan jaringan komputer yang dapat digunakan oleh masyarakat umum. Hal ini diperlukan oleh masyarakat untuk dapat saling bertukar informasi dengan orang lain yang berada di tempat yang jauh.

1.       Jaringan rumah, yaitu sistem jaringan komputer untuk pengguna di rumah. Dengan jaringan ini, setiap peralatan di rumah dapat dihubungkan dan terkontrol secara terpusat. Selain itu, akses internet dari rumah juga dapat dilakukan.

2.       Smart television, yaitu sistem pemancar televisi melalui sinyal digital sehingga dapat ditayangkan melalui sistem komputer. Beberapa teknologi televisi digital yang ada saat ini adalah DTV (Digital Television), HDTV (High Definition Television), dan SDTV (Standard Digital Television).

3.       access ke informasi  yang berada di tempat yang jauh
4.     komunikasi orang-ke-orang
5.     hiburan interaktif.

0 comments Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
BloSerGun (Blog Serba Guna) © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top